Rabu, 18 Maret 2009

Merapi desaku yang indah

Tempat kolam didesaku

Pada zaman dahulu terdapat lah sebuah desa yang sedang diladai malang petaka. desa ini bernama desa sirah pulau, desa ini sedang dirusui oleh desa rejang. Akhirnya desa sirah pulau dengan desa rejang bertempur, make desa sirah pulau ini kalah, setelah itu desa ini akhirnya meninggal semua.

Setelah lama tak dihuni desa sirah pulau,karena para warga di desa ini meninggal semua, maka nenek moyang ini meminta pertolongan kepada nenek moyang desa karang indah.karena desa ini merasa lulo petai siso naik, akibatnya kalah dari pertempuran dengan desa rejang.

Lantas setelah minta tolong kepada puyang desa karang indah akhirnya nenek moyang ini menolong desa sirah pulau, kato puyang karang indah ngomong kepada desa sirah pulau , tolong ambeka batang manaw,setelah itu kato puyang karang indah seluruh jeme desa sirah pulau berpegangan gale kebatang naw make puyang tadi mengembuskan batang naw tadi.

lalu seluruh jeme desa sirah pulau tadi bersen make jeme desa ini kembali hidup semua.setelah itu puyang desa sirah pulau berkate apakah balasan kasihuntuk puyang karang indah.kato desa sirah pulau,ambeklah tempat koalm untuk balasan kasih kami kepada desa karang indah, akhirnya desa karang indah setuju dan mengambeknye.dari mula hari ini sampai kiamat tidak boleh seambekan bujang gadisnye oleh karena itu angkan kelawa,siape barang yang melawati janji jurat tak berkembang.

kate puyang karang indah dengan desa sirah pulau sejarah ini adalah upahan dari nenek moyang desa sirah pulauakibat kalah dari desa rejang.akhirnya desa karang indah menjadi desa yang sangat indah dan ramai, banyak orang-orang yang berkunjung ketempat kolam tersebut,tak terasa kolam ini sangat indah dan airnya sangat bermanfaat bagi kesehatan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar